Menjajal Chevrolet Trax Pertama Kali Di Indonesia

Tue, 15 December 2015 - 14:54 | visits : 981
142346a.jpg

General Motors (GM) Indonesia resmi meluncurkan sport utility vehicle (SUV) compact, Chevrolet Trax. Mobil yang dibanderol Rp 267 juta dan Rp 291 juta ini diimpor langsung dari Korea Selatan.

Usai prosesi peluncuran Trax, GM Indonesia memberikan kesempatan kepada awak media untuk menjajal performa Chevrolet Trax di Sirkuit Internasional Sentul, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Ada 5 hal yang diunggulkan Chevrolet pada Trax dibandingkan kompetitornya. Mobil ini memiliki desain unik yang cocok dengan gaya hidup urban, mesin turbo 1.4 liter yang bertenaga dan irit, teknologi tercanggih, praktis dengan kursi fleksibel dan bagasi luas serta fitur keamanan lengkap. 

Sebagai pengingat Chevrolet Trax didatangkan dari Korea, karena GM Korea merupakan pihak yang melakukan riset dan mengembangkan Chevrolet Trax hingga sekarang, dan sudah dijual di beberapa negara termasuk Indonesia.

Ada beberapa sesi pengujian Chevrolet Trax kali ini yaitu slaloom hingga pengujian akselerasi. Yuk kita simak ulasannya.

1. Eksterior

Sebelum membahas pengujian, detikOto ingin mengulas soal eksterior terlebih dahulu. Salah satu yang diunggulkan Chevrolet pada Trax adalah desain unik yang cocok dengan gaya hidup urban.

Trax memiliki garis bodi yang atletis dan kuat. Dengan kata kunci itu, Trax mencoba menunjukkan kelincahan dan gerakan yang atletis.

Desain yang agresif dengan dual port grille sebagai ciri khas Chevrolet dipadu dengan over fender lebar yang memberikan kesan kokoh namun tetap stylish.

Lampu depan halogen chrome mampu memberikan distribusi cahaya yang cukup baik. Garis-garis di kapnya memberikan kesan dinamis pada Trax.

Beralih ke samping, pilar A yang melengkung dengan garis belt cukup memberikan kesan gagah pada SUV kompak ini. SUV ini ditawarkan dengan pilihan ukuran roda hingga 18 inci. Desain pelek alloy juga tampak sporti dan dinamis.

Integrated roof spoiler turut menambahkan kesan aerodinamis dan sporty. Trax tersedia dalam 6 varian warna yaitu: blaze red, boracay blue, orange rock, switchblade silver, pearl white dan carbon flash black. 

2. Interior

Chevrolet Trax diklaim memiliki ruang kabin yang luas. Dengan panjang 4.248 mm dan wheelbase 2.555 mm, ruang interior yang luas dapat menampung lima orang dewasa.

Semua kursi penumpang Chevrolet Trax bisa dilipat untuk menyediakan ruang bagasi yang luas. Kursi baris kedua memiliki konfigurasi 60/40 yang bisa dilipat dan kursi penumpang depan bisa dilipat mendatar.

Karenanya, Chevrolet Trax dianggap ideal untuk kegiatan luar ruangan serta mengemudi di perkotaan. Sebanyak 15 tempat penyimpanan barang juga terdapat pada mobil ini. Kapasitas bagasinya mencapai 1.370 liter. Sangat memungkinkan untuk membawa barang besar, seperti peralatan berkemah dan mendaki.

Interior Trax dilengkapi dengan fitur yang berguna dan nyaman. Salah satunya adalah instrumen cluster yang menggabungkan tampilan digital dan analog. Speedometer dan beberapa indikator lainnya terlihat jelas dengan alat pengukur digital menambah nuansa sporty. Sementara RPM meter hadir dengan tampilan analog.

3. Fitur-fitur

Chevrolet Trax dilengkapi dengan sistem hiburan Chevrolet MyLink. Fitur itu bisa mengintegrasikan konten pada smartphone ke layar sentuh 7 inci yang beresolusi tinggi dan full color.

Pengguna Chevrolet Trax bisa mengoperasikan panggilan telepon, memutar musik atau memutar video melalui sistem itu.

Untuk fitur keamanan, Trax dilengkapi dengan ABS (Anti-Lock Braking System), Electronic Brake Distribution (EBD), TCS (Traction Control System), HSA (Hill Start Assist) dan HDA (Hill Descent Control).

Ada juga fitur kamera belakang dan sensor parkir belakang. Fitur yang diunggulkan pada mobil ini adalah 6 buah airbag (depan, samping and airbag tirai).

Chevrolet Trax juga memiliki sunroof untuk tipe LTZ.

4. Performa

Chevrolet Trax mengusung mesin turbo 1.400cc. Mesin turbo itulah yang menjadi keunggulan pada SUV kompak ini.

Mesin turbocharged 1.4L empat silinder dan 16 katup diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 138 daya kuda dan torsi 200 Nm pada 1.850 rpm.

Turbocharger telah didesain untuk meminimalkan turbo lag dan memaksimalkan respon mesin. Trax menggunakan D-CVCP (Double Continuous Variable Cam Phasing) untuk mengoptimalkan timing intake dan exhaust sehingga meningkatkan efisiensi mesin dan mengurangi emisi.

Mesin itu dipasangkan dengan transmisi otomatis Gen II enam percepatan generasi terbaru. Saat detikOto mengujinya, memang transmisi tersebut menyediakan transisi gear yang mulus. Hentakan transmisi tak terasa saat mobil langsung digeber.

detikOto pun menjajal akselerasi Chevrolet Trax. Panitia 

menyediakan sebuah trek lurus berjarak sekitar 200 meter dengan 

perekam kecepatan tertinggi.

Hasilnya, torsi dari mobil ini cukup terasa dari putaran mesin rendah. Dengan jarak 200 meter, detikOto bisa memacu kecepatan Chevrolet Trax hingga 112 km/jam. Bahkan ada yang bisa mencapai 120 km/jam dengan jarak 200 meter.

Terbukti bahwa mesin 1.400cc dengan turbo sudah bisa menyajikan tenaga dan torsi besar dari keadaan diam.

5. Handling

Setelah menguji di lintasan lurus, panitia mengarahkan kami ke pengujian selanjutnya yaitu slaloom. Pengujian ini dilakukan di tikungan yang biasa dikenal dengan 'S kecil' di Sirkuit Internasional Sentul. Namun, tikungan S kecil saja tidak cukup, panitia menyediakan beberapa cone yang mengharuskan kami melewati cone itu dengan zigzag.

Untuk diketahui, Chevrolet Trax mengadopsi sistem Body Frame Integral yang menghubungkan frame atas dan infrastruktur sasis. Sistem ini menawarkan struktur yang kokoh dan kuat untuk stabilitas di kecepatan tinggi.

Suspensi depan McPherson strut dan suspensi belakang compound crank berkontribusi memberikan kenyamanan maksimal. Suspensi itu juga meminimalkan potensi kerusakan dari gesekan dan getaran serta mendukung handling yang mulus.

Saat pengujian, detikOto merasakan suspensi mobil ini cukup empuk. Namun, dengan suspensi yang empuk itu, saat menikung justru masih stabil.

Dengan kecepatan cukup tinggi, Chevrolet Trax masih mumpuni untuk bermanuver. Setir yang ringan memudahkan detikOto untuk meliuk-liukkan mobil. detikOto juga tak perlu khawatir mobil akan terlempar, karena Chevrolet Trax sudah dilengkapi dengan fitur TCS (Traction Control System).

Pengujian handling tidak hanya dilakukan di S kecil. Panitia juga menyediakan sebuah trek kecil dengan jajaran cone di luar sirkuit yang biasa untuk parkir kendaraan.

Lokasi pengujian ini berpasir. Namun, traksi ban mobil ini tetap menggigit meski jalan agak licin dengan pasir dan kerikil.

6. Kesimpulan

Setelah diuji di Sirkuit Internasional Sentul, detikOto menyimpulkan, Chevrolet Trax cocok digunakan di perkotaan. Handlingnya yang mumpuni membuat mobil ini bisa diajak bermanuver.

Setir yang ringan untuk diputar pun memberikan kemudahan saat bermanuver. Bahkan, ketika bermanuver di kecepatan tinggi, mobil masih stabil.

Untuk akselerasi, turbonya sangat membantu. Saat gas dibejek dalam-dalam, mesin cukup responsif sehingga mobil langsung melesat.

Sumber : www.detik.com

 

 

See also

jQuery Slider

Comments

Top