Tips Tersembunyi Ketika Mencuci Kendaraan

Fri, 9 October 2015 - 11:01 | View : 1167
cuci-mobil.jpg

Mencuci kendaraan merupakan aktivitas yang kerap dilakoni para pemiliknya saat libur tiba. Biasanya aktivitas mencuci ini dilakukan seorang diri di pekarangan rumah atau pun membawa kendaraan ke tempat cuci kendaraan.

Kendaraan yang bersih juga mencerminkan bahwa pemiliknya pun selalu tampil bersih setiap saat. 

Kendaraan yang bersih juga menjadi kenyaman tersendiri saat sang pemilik mengendarainya Banyak yang pihak yang belum mengetahui persoalan beberapa hal seputar mencuci kendaraan. Di antaranya adalah mencuci kendaraan setelah seharian diparkir.

Jika aktivtas tersebut langsung dilakukan, dijamin air dan busa pada shampoo akan mudah mengering karena terserap panas dan meninggalkan bintik-bintik pada bodi kendaraan. Hal ini jarang diketahui banyak pemilik kendaraan.

Ada baiknya, kendaraan yang seharian penuh dijemur atau seharian hanya terparkir, terlebih dahulu bisa dibilas atau disiram seluruhnya dengan menggunakan air. Itu dilakukan untuk menetralisir suhu pada kendaraan.

Hal lain yang jarang diketahui banyak orang adalah penggunaan detergen rumah, seperti sabun cuci piring, pembersih lantai dan lainnya. Dianjurkan ini tidak dilakukan saat mencuci kendaraan.

Sebab, bahan detergen rumahnya mempunyai sifat yang sangat keras dan berpotensi merusak cat kendaraan dengan cepat. Produk shampoo khusus kendaraan kini sudah dengan mudah ditemui di berbagai toko, sehingga tidak ada alasan lagi untuk menggunakan detergen rumahan.

Selanjutnya, jangan menggunakan kain saat mencuci kendaraan. Kain pun berpotensi meninggalkan goresan garis rambut. Pastikan Anda mencuci kendaraan dengan menggunakan spons atau wol mitt.

Pastikan pula untuk sering membilas spons atau wol mitt tersebut menggunakan ember yang berbeda karena jika tercampur dengan air kotoran yang lain, butiran pasir atau kotoran dapat menempel sehingga justru membuat spons atau wol mitt tersebut tidak bersih saat digunakan, dan jika terdapat butiran pasir atau kotoran tersebut, bisa menyebabkan baretan saat mencuci kendaraan Anda.

Begitu pula saat spons jatuh ke tanah atau lantai kotor, segera bersihkan, lalu digunakan kembali untuk mencuci kendaraan.

Langkah selanjutnya, setelah kering, segera lap kendaraan dengan handuk microfiber alias kanebo dengan banyak serat, jangan biarkan kendaraan kering dengan sendirinya, karena akan menimbulkan bintik-bintik air, dan jika tidak segera dibersihkan, dalam jangka panjang akan sulit menghilangkannya.

Baca juga

Komentar


Arsip : • 201520142013201220112010200920082005
Top